boneka-danbo-patah-hati-i13

Apa yang terjadi jika kamu terlalu menuntut ?


Sikap menuntut adalah bawaan manusia sejak masa kecil . Masih ingatkah kita waktu masih kecil kita sering merengek kepada orang tua minta dibelikan mainan, sampai kita rela menangis agar kemauan itu dituruti . Masih ingatkah kita dulu saat kita dikasih uang jajan yang kurang dan kita minta tambah , lagi lagi kita harus menangis dulu agar kemauan kita itu dituruti , bahkan sebagaian banyak dari kita juga harus marah dan ngambek terlebih dahulu.

Tanpa kita sadari kebiasaan tersebut telah kita pelihara sejak kecil hingga sekarang, dan tanpa kita sadari pula sikap menuntut di masa kecil itu banyak kita aplikasikan dalam kehidupan sekarang , terutama dalam hubungan ” CINTA ” tanpa kita tidak peduli apa dampak yang dapat ditimbulkan dari sikap tersebut.

Sebenarnya sikap menuntut wajar, karena itu adalah bagian dari diri manusia, karena kita ber-akal dan berperaasaan . Namun alangkah baiknya jika kita mampu mengendalikan dan mengontrol sikap ” Menuntut” tersebut, tentunya agar hubungan cinta kita tetap terjaga keindahanya . Maaf bukan berarti saya katakan menuntut itu tidak baik ? sama sekali bukan . Tuntutan dalan konteks pembahasan ini adalah tuntutan yang berlebihan terhadap orang yang kita cintai ( kekasih, istri, suami, keluarga, sahabat, dll ) , karena pada hakiaktnya sebuah tuntutan yang tidak terkendalikan justru akan mengubah energi positif tuntutan yang awalanya mempunyai niatan baik menjadi sebuah energi negatif yang penuh penekanan, amarah, dan ke – egoisan.

Sikap tuntutan itu indah , kalau kita bisa memanajemen tuntutan itu . Dibawah ini ada beberapa kutipan singkat tentang beberapa macam tuntutan dalam sebuah hubungan jalinan hati . Semoga memberi pencerahan .

angelfire.com

Stress dapat ditimbulkan tekanan yang berhubungan dengan tanggung jawab yang besar yang harus ditanggungnya. (Dari dalam diri sendiri: cita-cita, kepala keluarga, dan sebagainya dan dari luar: istri yang terlalu menuntut, orangtua yang menginginkan anaknya berprestasi).

cintatips.blogspot.com

Meskipun lelaki perlu dipacu semangatnya, namun terlalu menuntut bukanlah cara yang baik. Lelaki juga ada had kesabarannya dalam melayan karenah pasangannya yang terlalu menuntut itu dan ini. Lama-kelamaan dia akan jadi bosan dan tidak lagi mahu menurut kehendak pasangannya.

blog.budaya-tionghoa.net

Sikap selalu menuntut segala sesuatu akan menimbulkan banyak penderitaan dalam hidup,
andaikan hanya selalu menuntut sesuatu kepada orang lain, akan mendatangkan penderitaan yang tidak terhingga bagi diri sendiri.
– Kata Perenungan Master Cheng Yen –

ccde.or.id

Terkadang ada seorang istri yang terlalu banyak menuntut dalam hal untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, baik dari kebutuhan sandang pangan maupun kebutuhan pendidikan. Dari situlah timbul pertengkaran antara suami dan istri yang akhirnya menimbulkan kekerasan dalam rumah tangga.

Untuk kutipan2 lainya semoga bisa cepet nyusul .

2 thoughts on “Apa yang terjadi jika kamu terlalu menuntut ?

Tinggalkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s