Cintailah Dengan Ketulusan


Saat kau mencintai seseorang
Cintai ia dengan ketulusan yang muncul dari kedalaman hatimu
Ketulusan berarti kau mencintai dengan ihlas
Tanpa harus mengharap imbalan atau balasan darinya tuk mencintaimu
Dan ketika kamu benar-benar tulus mencintainya
Maka kamu kan terlelap pada ketenangan yang muncul dari jiwamu
Ketenangan yang slalu menyegarkan hatimu saat mulai melayu

Sungguh ketulusan yang sebenarnya adalah
Ketika kamu selalu berlaku hanya dan demi untuknya
Walau ia tak pernah lakukan hal itu padamu
Ketulusan yang kau berikan kepadanya adalah
sebuah pembebasan dari duka dan deritamu
Karena ketulusan yang telah kau tanam hanya berbuah kebehagiaan
Bukan kekecewaan yang menyesakkan dada
Justru jika engkau banyak mengharap cinta dari orang yang kau cintai
Engkau kan sering mengalami siksaan batin
Karena saat itu kehawatiran dan kegelisahan
Slalu ikut kemana hatimu bergerak
Saat itu pula cintamu tak pernah tegak berdiri dalam jiwamu
Dimana jiwamu sedang terombang ambing
Di antara perasaan takut kalau ia tak mencintaimu
Bahkan membencimu

Dan ketahuilah bahwa cinta yang suci nan murni hanya kan kau rasakan
Dengan gerak hatimu tuk slalu berlaku tulus pada orang yang kamu cintai
Tanpa ketulusan engkau tak kan pernah bias mencecap betapa manisnya madu cinta
Karena ketulusan ibarat cawan twmpat engkau meneguk madu tersebut
Dan jika engaku belum bisa berlaku tulus
Coba tengoklah ke kedalaman hatimu
Agar dapat kau pahami rahasia hatimu
Hingga kan kau temukan seberkas cahaya kesadaran
Yang kan mendorong hatimu tuk berlaku tulus

Dan jika keputusasaaan mendatangimu
Jangan pernah kauemnyesali semua yang telah kau berikan padanya
Karena semua itu tak kan pernah sia-sia
Semua ketulusanmu itu akan berarti bagi pertumbuhan jiwa dan mentalmu
Slalu yakinlah bahwa ketulusanmu itu
Kan membakar duka laramu
Dan menumbuhkan benih-benih cintamu pada hatinya

“Dan ketulusan adalah pondasi bagi cinta sejati yang slalu ada di hati seorang pecinta
Percayalah bahwa ketulusanmu adalah nafas cintamu”

dilarang copy paste bung...!!!

About these ads

36 thoughts on “Cintailah Dengan Ketulusan

  1. Saya sering menyebutnya ‘unconditional love’ .. cinta tanpa syarat. Tapi sering banyak orang tak percaya dan memandang sinis tentang unconditional love. Mereka beranggapan itu hanya ada dalam novel, dalam film, utopia dan sebagainya.

    Kita selalu menuntut orang lain untuk mencintai kita. Karena kita merasa kita adalah yang terbaik. Padahal belum tentu. Bukankah manusia itu tidak ada yang sempurna. Tapi begitulah .. ego selalu mengalahkan segalanya.

    sips broooo…
    sependapat denganmu….
    cinta itu begitu nyata adanya, sadar ataupun tidak kita menyangkalnya….
    ia begitu nyata, tak hanya ada dalam novel atau romantika belaka..

  2. hanya aku rasakan gelisah di saat aku mengingatnya (CAHAYA YANG SELALU MENERANGI SIANG dan MALAMKU),,, betapa aku sangat mencintainya,, bahkan aku sadari,, aku terlalu takut untuk pergi.. betapa hatiku takkan merasakan cinta sejati,, bahkan cintanya sendiri… sulit bagiku untuk berlaku tulus dan tidak mengharpakan cinta darinya,,, aku berusaha tuk selalu membuat hatinya agar mencintaiku,,, Astagfirullah,,, Allahu Robbi,, maafkan hamba hina ini,, izinkan hamba untuk sejenak merenungi arti cinta,, cinta yang KAU anugerahkan pada makhlukmu,,, Allahu Robbi,, seharusnya cintamulah yang aku gapai,, seharusnya…

    nah itu dia …. cinta sebenarnya adalah cinta pada ilahi
    cinta yang hakiki dan abadi…

  3. mungkin dicintai lebih baik daripada mencintai ,tapi menurut gw dengan mencintai gw tau arti semangat perjuangan, pengorbanan, kesaran dan ketulusan yang tidak pernah didapat ketika kita dicintai.

    sungguh besar karunia MU atas cinta yang kumiliki meski cinta ini tidak terbalas tapi aku iklas dan ridha, karena aku mincintainya karena MU dan melepasnya bahagia dengan yang lain juga karena MU.

    itualh cinta broo…
    tak dapat diungkap walau dengan seribu kata ..
    walau kita bilang itu pengorbanan…walau kita bilang itu ketulusan …

  4. lam knal bung ,, apakah cinta itu jg sebuah kerelaan/ merelakan dari hati kita untuk sebagian terampas hak kta,secara ikhlas..?

  5. Apa cuma dgan ktulusan, CINTA two sa b’tahan??

    Kyak’e gak dech!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    CinTa two juGa buTUh kEpERcAYAaN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. Berhari ku rasakan cinta..
    Rasa yg bgtu mndalam di hatiku..
    Ketika wajah berpeluh rindu..
    Menantikan sgla kehadiran dirimu..
    Tetesan embun nan sejuk..
    Seakan tiada arti kesejukan..
    Dalam jiwaku..
    Karena..
    Kerinduanku..
    Rasa cintaku..
    Hanya untukmu Putri..
    Berharap satu kata dlm lamunan..
    Terucap manis dlm renungan..
    Karena Engkau sangat ku cintai..
    Dan engkau pun mencintaiku..
    Dengan setulus hati..
    Sepenuh jiwa..
    Seutuh raga..
    Dan Untuk Selamanya..

    By ::> romax_boys
    Just for ::> My Love / Febrela Putri /

    kalau aku jadi putri di tulisanmu ini pasti aku akan klepek klepek…hehehe

  7. Hi,,,,q sneng bca artikel ni.cz Bnr jg tuch pa yg di tulis,q jd bs mrenenungi pa yg prnh trjadi 5′q.mski kni cinTaQ pdanya hanya tinggl knangan.org yg Q cinTa tlh prg tingglknQ sndri.bwt cinTaQ “ka yi”,mfinQ telah ngecewain xm.

    :D:D:D:D…..
    jadi ikut seneng …. karena tulisanku buat seneng orang ..hehe
    yang pasti akhir dari cinta bukan akhir segalnya ,,
    tetap semangat …

  8. Alloow….?g tau knp Q kngen bca tulisan xm,jd q pngn kmbi nulis2 dcni.eh ko smkin sring q bca,q smkin pnsaran,cpa sbnr na pnulis artikel ni?q cma pngn ucpin “mksh bngt y,krn bca tlsn xm, bs ngiburQ,Bsrin htiQ,yg e5′ng gi brantakan,knp cinTa se’aneh ni y?btpa agung sang pncipta cinTa tu’.

    hehehehe..
    penasaran …????
    ach masak penasaran sama orang seperti aku ……
    hanya manusia biasa, lelaki biasa semata…..

    mmmmm…
    bolehlah kalau kamu mau hubungi aku di YM aku ja (ningrat_aja) …

  9. Cinta adl cahaya malaikat yg trlalu sering trtutupi bayang2 setan

    tergantung seseorang yang memanagr cinta itu brow,,,,

  10. cinta adalh kata-kata yang sulit terungkap…… pada saat qta mencintai seseorang qta tidak prnah memberi syarat agar orang yang qta cintai mencintai qt..

  11. bgaimana kalau kita terlanjur salah mencintai.. :(
    dan kta terlanjur mencurahkan sgalanya, benar2 sgalanya..( hati dan jiwa)
    dan disaat mgkin kondisi tidak baik (kndisi susah). dia berbelok..
    dan akhirnya meninggalkan kta..

    namun tidak dipungkiri mungkin aku mengharapkan dia bisa menerima kondisi ini.. tapi dia menyanksi kan keadaan nya, tidak bisa menerimanya..
    apakah masih ada cinta lagi di di situasi yg rumit ini..

    kenapa harus menyesal ketika engkau sudah emilih jalan cinta untuk hatimu, sekalipun itu kecewa ahirnya, mengapa harus di sesali…??cukup itu smua menjadi penggairah jiwa untuk beranjak menjari harapan lagi, untuk menggapai keindahan lagi ..
    percayalah engkau seperti itu bukan berarti engkau salah memilih, cuman hanya saja cinta yang sebenarnya engkau harap belum semat singgah untuk hidupmu………

  12. cinta,cinta,cinta.
    mungkin benr mencintai lbih baek dr pd dcintai..
    tp bla qt mencintai qt bkl terluka amt bla dtingglkn’y.
    bla qt dcintai qt tdk bgtu ckit bla cinta it pergi..

    smpai krng q mencintai mntn q wlpun dy udh ad yg punya.
    tp cinta q yg utama cm buat allah smta

  13. kadang kita merasa cinta mengalahkan segala-galanya tp bagi sya gak..napa? cinta telah membuat q sakit..tapi yang terpenting dalam hidupku adalah kasih sayang..cinta memang dikatakan ada cinta abadi..tp bg saya kurang kalau tidak di dasari dengan kasih sayang

  14. rupanya yg lagi ngumpul disini para master2 puisi salam kenal buat semua terkhusus yg punya rumah salam kenal dan senang bisa mampir disini.ok nice share bro..!!!
    sedikit ulasan tentang cinta dalam kehidupan:
    “kadang tuhan memberi pelajaran bagi kita untuk bertemu dengan beberapa orng yg slah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, dan kita harus bisa tetap mensyukuri nikmat itu”
    dan apabila kita sudah dipertemukan dg seseorang itu maka jalani dngan penuh cinta serta kasih yg suci, yg timbul dari dalam lubuk hati kita yg paling dalam sehingga tanpa ada cinta yang dibuat-buat karna”perjalanan cinta kasih itu laksana mengarungi samudra luas dengan menggunakan sampan yang amat kecil dan apabila salah satu diantara kita ada yg bergoyang maka salah satu dari kita jg yg harus bisa mengimbanginya,klo tidak otomatis sampan akan terus bergoyang-goyang dan lama kelamaan akan tenggelam hingga tidak akan menemukan tempat untuk berlabuh”
    salam..selamat berbahagia bagi yg sudah menemukan cinta nya…!!!!!1

  15. saya menggarisbawahi dengan ketulusan cinta akan melepaskan diri dari penderitaan… ini benar adanya, karena ketulusan akan melepaskan semua beban yang ada didalam pikiran, emosi dan mental. ini akan membuat metabolisme tubuh kita bekerja dengan baik sehingga kesehatan fisik dan mental akan segera menjadi milik sehingga karakter mulia itu akan tumbuh…

  16. hati gw ter enyuh membaca puisi ini…..

    gw suka puisi yg lo buat bagus bgt menyentuh hati…
    trmsh hati gw….

    nggeh..matur suwon

  17. puisi dan ungkapan hati yang sangat dalam artinya dan sangat mewakili perasaan setiap
    orang yang pernah mengalami atau melakukannya

    Wish You All The Best

  18. seirng berlalunya sang waktu sebait gelisah dtang menggoda mnggapai sebuah tanya di hatiku apakah cinta yg kau ttip dlu masih ttp mliku….dear yhasinta toh

  19. Keren..
    Mass bro, gimana nih caranya menumbuhkan rasa tulus?
    Soalx aku udh ngelakuin perjuangan n pengorbanan, tapi hatiku selalu meminta timbal balikx, aku pengen dia juga sayang dan mencintaiku dg tulus.
    Thanks before.

  20. Keren..
    Mass bro mo nanya nh, gimana ya caranya menumbuhkan rasa tulus dalam diri?

    Soalx aku udh ngelakuin perjuangan n pengorbanan, tapi hatiku selalu meminta timbal balikx, aku pengen dia juga sayang dan mencintaiku dg tulus.
    Thanks before.

    • tulus artinya adalah ihlas kawan …
      keihlasan adalah memberi sepenuh hati, rela dengan apa yang kita beri itu ….
      kalau kita sudah bilang ihlas, jangan lain waktu kita bilang saya sudah berkorban ….
      konotasi berkorban itu bertolak belakang dengan ihlas kawan…..
      berkorban adalah kita memberi tapi ada sebuah tuntutan dibalik pemberian itu …..
      coba simak kata2 berikut :
      ” saya sudah berkorban waktu, tenaga , pikiran dan lain sebagainya … tapi apa yang saya dapat , gak ada ! semua sia – sia ” ……
      nah kata2 yang terungkap itu adalah sebab dari perasaan yang telah kita tanamkan seblum kita memberi dengan istilah ” saya berkorban ” , berkorban itu tidak pernah menyebabkan ketulusan , berkorban adalah pemberian yang tidak murni atau dalam istilahnya ” pamrih ” atau mengharap balasan atas apa yang kita korbankan …
      beda halnya dengan ” ihlas ” , ihlas adalah sebuah kemurnian memberi , merelakan apa yang kita beri benar2 tanpa kita harapkan apapun ……
      lalu solusinya bagaimana agar kita bisa berlaku ihlas terhadap cinta yang kta berikan itu ???

      1. seblum engkau memutuskan untuk memberikan waktumu, pikiranmu, tenaggamu, uangmu untuk Cinta yang kamu rasakan… tanamkan dalam diri dan pikiranmu dulu ” saya ingin berlaku ihlas terhadap apa yang saya berikan ”
      2. suatu ketika jika kita dapati kepahitan dalam kisah cinta kita , entah itu cinta bertepuk seblah tangan atau cinta kita diacuhkan , dsb. katakan pada diri kita ” apa yang telah saya berikan tidak akan sia2, apa yang telah saya berikan jsutru akan membuat diri saya semakin terbiasa untuk berlaku memberi dengan tulus dan ihlas, ” …
      3. biasakan diri kita untuk bersyukur dengan apa yang ada pada kita, dengan cinta yang kita rasakan …. kita syukuri kalau sampai saat ini kita masih bisa merasakan indahnya cinta , keindahan cinta dengan keihlasan dan ketulusan ……

      semoga 3 langkah itu bisa membantu kawan ….

  21. Mungkin cinta adalah tabu. tapi ada keinginan hati, gerakan untuk mengetahui apa itu yang namanya cinta. Sebenarnya cinta yang tulus dariku hanya akan dirasakan oleh segelincir orang. Namun, bagaimana mungkin juga ketulusanku akan sangat berarti bagi mereka yang bisa merasakan apasih cinta. Ku juga tak mungkin lari dari cinta. Baru kusadari, ternyata cinta itu memang berat jika dengan ketulusan. Entah kenapa hal ini mengakibatkan ku sulit untuk mengenal apa itu cinta.###masih jomblo####

  22. Hay,, boleh gabung g..? Aq jga punya pengalaman aq brtemu pria dia baik, pinter dan penyayang.
    Dia dah bertunangan salahQ krn aq mencintainya tp trnyta dia mncintaiq hari dri hari kami jalani brsma tp sudah waktunya dia menikah, kami berkomitmen tuk tetap brsma dan dia korbankan,, tp tak tau knpa dia berubah pikiran hingga dia tinggalkn aq,,
    namun dia msh tetap menelpon dan mnghubungiQ krn kami 1 kantor,, diapun msh mnyayangiq dan dia brkata low dia tidak bahagia, sdgkn aq jga sangat mncintai dia wlo dia tlh mnjdi suami org lain,, trnyta sang istri kini hamil..apa ini msh bisa dikatakan cinta? Kasih pndapat y te,men2??

    • bisa….
      apa yang kamu rsakan itu adalah cinta, cinta hadir dalam hati kita tanpa bertanya dulu pada kita , dia umur berapa, statusnya apa, dari maana….
      begitu menakjubkan cinta itu …
      namun setidaknya kita mesti bisa menempatkan diri kita… agar hidup lebih bahagia, tentunya engan melihat realita yag ada … jangan karena cinta lantas bahagaia kita rerkorbankan begitu saja karena sesuatu hal yang tiak pasti ….. ini hanya sekedar saran aja kak….. :D:D

  23. Cinta adlh kasih sayang
    Dgn kasih maka ikhlas memberi, memberi & akn slalu memberi tanpa sdikitpun menoleh kekotak hati tuk merinci brapa banyak warna khidupan yg sdh trcurahkan.
    Dgn Syang mka prasaan akn slalu trasa nyaman & bhagia mlihat ukir senyum (?)

  24. Pingback: Cintailah Dengan Ketulusan | personal_imanuelnugroho

Tinggalkan Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s